Materi Mengajar Sekolah Dasar Episode 9

Bagikan

Materi Mengajar Sekolah Dasar Episode 9

Tema                  :  Mau Berdamai

Sub tema           :  Jadilah Pembawa Damai

 

MATERI PENDUKUNG

Ayat pendukung :

Yesaya 9:5

”Lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.”

Alokasi waktu: 10 menit

  1. Menyanyi dan berdoa

DAMAI SEJAHTERA DI DALAM TUHAN

Damai sejahtra di dalam Tuhan

Damai sejahtra di dalam Tuhan

Damai sejahtra di dalam Tuhan

Damai sejahtra di dalam Tuhan

 

  1. Cerita Firman Tuhan

 

*YESUS RAJA DAMAI*

 Siang itu, saat Hendra dan teman-temannya berjalan pulang dari sekolah, mereka melihat seorang penjual bakso keliling. Di gerobak baksonya ada tulisan ”Bakso Pak Untung” Hendra pun berkata, ”Wah, namanya Pak Untung. Pasti bapak penjual bakso itu selalu beruntung!” Teman-temannya pun tertawa mendengar perkataan Hendra. Budi menyahut, ”Iya, seperti Pak Sabar, Guru kita. Orangnya juga sabar banget ya.” Lagi-lagi perkataan Budi ini mengundang tawa teman-temannya.

Anak-anak, menurut kitab Yesaya, Tuhan Yesus itu punya julukan Raja Damai! Wah, tentu kalian bisa mengartikan arti nama ini ya? Benar, nantinya kedatangan Tuhan Yesus didunia ini memang akan membawa damai bagi semua orang. Bahkan sebagai Raja Damai, Yesus rela mati di kayu salib untuk mendamaikan hubungan antara Allah dan manusia yang rusak akibat dosa. Mulia sekali ya apa yang dilakukan Tuhan Yesus bagi kita.

Kalau Tuhan Yesus sangat suka mendamaikan manusia dengan Allah, maka kita sebagai anak-anak-Nya tentu juga memiliki sifat yang baik seperti Tuhan Yesus, bukan? Tuhan Yesus ingin melihat kalian menjadi anak-anak yang suka membawa kedamaian. Kamu bukan anak-anak yang suka bertengkar, tapi anak yang suka kedamaian. Wah, kalau setiap anak mau menjadi pendamai, pasti lingkunganmu akan menyenangkan ya.

 

 

  1. Ayat Hafalan

     Matius 5:9A

     ”Berbahagialah orang yang membawa damai”