Bagikan

Materi Mengajar Sekolah Dasar Episode 6

Tema                  :  Mau Berdamai

Sub tema           :  Jadilah Pembawa Damai

 

MATERI PENDUKUNG

Ayat pendukung :

Amsal 3:30

                ”Janganlah bertengkar tidak semena-mena dengan seseorang, jikalau ia tidak berbuat jahat kepadamu.”

Alokasi waktu: 10 menit

  1. Menyanyi dan berdoa

 

L.O.V.E

I Say L

I Say L.O

L.O.V

L.O.V.E

Everybody Needs The Love 4x

 

  1. Cerita Firman Tuhan

 

*AKIBAT BERTENGKAR*

 

Dua ekor berang-berang yang kelaparan sama-sama meyelam ke dalam sungai untuk mencari ikan. Tak berapa lama mereka muncul ke permukaan air sambil menggigit seekor ikan besar. Merekapun berebutan karena masing-masing merasa lebih dulu menangkap ikan itu. ”Aku yang lebih dulu menangkapnya!” kata yang satu. ”Tidak! Aku yang lebih dulu menggigit ekornya!” kata yang lain. Mereka berdua bertengkar dan tidak ada yang mau mengalah.

Burung elang heran melihat tingkah dua berang-berang itu. Ia berkata, ”Mengapa kalian berkelahi? Jika kalian mau, aku bisa membantumu.” Kedua berang-berangpun setuju. Burung elang memotong bagian kepala dan ekor ikan itu lalu memberikannya masing-masing untuk berang-berang. Tapi untuk siapa bagian daging ikan itu? Tiba-tiba saja burung elang itu terbang dan membawa potongan tubuh ikan itu. ”Terima kasih berang-berang!” kata si elang sambil tertawa.

Anak-anak Tuhan, pertengkaran selalu memberi akibat yang tidak baik. Karena bertengkar, apa yang kita perebutkan akan menjadi rusak. Karena itu jangan biarkan pertengkaran terjadi. Jika ada masalah dengan seseorang, mari berdamai dan selesaikan dengan baik. Setuju? 

 

  1.  Ayat Hafalan

     Matius 5: 9A

     ”Berbahagialah orang yang membawa damai.”