Materi Mengajar Sekolah Dasar Episode 21

Bagikan

Materi Mengajar Sekolah Dasar Episode 21

Tema                  :  Mau Berdamai

Sub tema           :  Jadilah Pembawa Damai

 

MATERI PENDUKUNG

 

Ayat pendukung :

1 Tesalonika 2:5

”Karena kami tidak pernah bermulut manis hal itu kamu ketahui dan tidak pernah mempunyai maksud loba yang tersembunyi

Alokasi waktu: 10 menit

  1. Menyanyi dan berdoa

KU KASIHI KAU DENGAN KASIH TUHAN

Ku kasihi kau dengan Kasih Tuhan

Ku kasihi kau dengan Kasih Tuhan

Ku lihat di wajahmu kemuliaan Raja

Ku kasihi kau dengan Kasih Tuhan

 

  1. Cerita Firman Tuhan

 

            *Si mulut manis*

Joan mendapat julukan yang unik dari teman sekelasnya. Mereka sering menyebut Joan dengan “Si mulut manis”. Apakah ini berkaitan dengan kebiasaan Joan yang suka sekali mengulum lollipop atau makan arum manis? Tentu tidak. Julukan tersebut diberikan berkaitan dengan tutur kata Joan yang sangat fasih, lembut, terasa enak didengar oleh telinga dan meneduhkan hati.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kebiasaan Joan dalam bertutur kata. Namun terkadang Joan mempergunakan kelebihannya untuk meraih simpati orang lain demi keuntungannya sendiri. Seperti ketika Joan mengakui keberhasilan kelompoknya sebagi keberhasilannya secara pribadi. Atau ketika Joan berdalih untuk hilangnya beberapa barang yang hilang di kelas, yang akhirnya menuding Anto yang mengambil barang-barang tersebut. Mulut manis Joan memang sering membuat orang tidak menyangka bahwa ia menggunakan kelebihannya untuk merugikan orang lain.

Anak Kristus, bertutur kata dengan lembut dan manis adalah hal yang luar biasa karena tidak semua orang bisa melakukannya loh. Semoga perkataan kita menjadi berkat bagi sesama dan menyenangkan bagi Tuhan. Jadilah anak yang membawa damai dari tutur kata yang kalian ucapkan yaa..

 

  1. Ayat Hafalan

     Matius 5:9A

     ”Berbahagialah orang yang membawa damai”