Bagikan

Materi Mengajar Sekolah Dasar Episode 15

Tema                  :  Mau Berdamai

Sub tema           :  Jadilah Pembawa Damai

 

MATERI PENDUKUNG

 

Ayat pendukung :

Matius 9: 12

”Yesus mendengarnya dan berkata: ”Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit.

Alokasi waktu: 10 menit

  1. Menyanyi dan berdoa

MARI KITA BERSUKA RIA

Mari kita bersukaria, karna ini hari bahagia

Kita berkumpul jadi satu, Puji Tuhan semesta itu

Tepuk tangan wajah berseri,hilangkanlah hati yang sedih

Bukankah Yesus berkata damai yang Dia berikan

Mari kita bersukaria

  1. Cerita Firman Tuhan

 

*PELITA DALAM GELAP*

             Beberapa teman mengolok-olok Rudi karena duduk sebangku dengan Jono. Bahkan mereka sering berangkat dan pulang sekolah bersama Jono. Padahal, Jono dikenal sebagai anak nakal yang suka mencuri pensil. Sebagian besar anak-anak di kelas menjauhi Jono dan menganggapnya musuh. ”Kamu kok mau sih, main sama pencuri! Nanti ketularan jadi pencuri loh!” kata Ganis pada Rudi suatu ketika. Rudi tetap berteman dengan Jono. Tidak ada yang tahu kalau ternyata Rudi sering menasihati Jono supaya menghentikan kebiasaan buruknya. Beberapa bulan kemudian, Jono benar-benar berhenti dari kebiasaan mencuri.

            Tuhan Yesus pernah diolok-olok orang Farisi karena makan bersama para pemungut cukai dan orang-orang berdosa. Tetapi Tuhan Yesus menjawab: ”Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit.” Artinya Tuhan Yesus mau berteman dengan orang berdosa karena ingin menyelamatkannya. Tuhan Yesus menasihati dan mengajak mereka supaya mereka bertobat, meninggalkan kebiasaan buruk mereka dan memulai hidup baru di dalam kebenaran dan kasih.

            Anak-anak Tuhan, kita telah menerima keelamatan, kitapun harus membagikan kabar sukacita tentang keselamatan di dalam Tuhan Yesus kepada semua orang. Salah satu caranya adalah dengan tidak memilih-milih teman dalam bermain. Buatlah perubahan yang baik, seperti yang dilakukan Tuhan Yesus dan Rudi dalam kisah di atas. Dengan berbuat demikian,kamu menjadi seperti pelita yang membawa terang di tengah kegelapan.

 

  1. Ayat Hafalan

Matius 5:9A

”Berbahagialah orang yang membawa damai”